KOTA BATIK DI PEKALONGAN BUKAN JOGJA BUKAN SOLO
https://doi.org/10.23960/sosiologi.v18i1.66
Keywords:
City branding, city image, batikAbstract
Berbicara tentang city branding adalah bagaimana suatu kota memiliki sebuah
identitas khusus yang berbeda dan tentunya tidak dimiliki kota lain. Di dalam kajian ilmu
komunikasi menekankan pada suatu pembahasan mengenai persepsi yang dihasilkan dari
pengalaman dan informasi melalui berbagai saluran media, sehingga city branding ini
bergantung pada city image. Jika seseorang ingin mendatangi suatu tempat karena persepsi
dan image terhadap tempat tersebut maka persepsi yang dihasilkan pada akhirnya juga
digunakan untuk mendukung tujuan-tujuan lain dari city branding. City branding adalah
bagian dari sebuah merek tempat yang berlaku untuk kota tunggal atau wilayah
keseluruhan dari sebuah kota atau negara. Proses penerapan city branding di Pekalongan
telah dilakukan secara bertahap. Hal ini dapat terlihat dari program strategi yang
dilakukan secara terpadu dan paralel pada semua aspek yang dapat memperkuat branding
Kota Pekalongan itu sendiri yaitu pengembangan dan partisipasi penduduk lokal, lansekap,
infrastruktur, pelayanan, dan promosi kota.
