PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN JALAN TENGAH KEBIJAKAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA

https://doi.org/10.23960/sosiologi.v22i1.49

Authors

  • Bendi Juantara Jurusan Ilmu Pemerintahan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Lampung
  • Indra Bulan Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni FKIP Universitas Lampung

Keywords:

Ekonomi Politik, Pendidikan Lingkungan, Kebijakan Sumber Daya Alam

Abstract

ABSTRAK

            Sejak Indonesia masuk dalam sistem kapitalisme global, kepentingan Indonesia untuk meningkatkan stabilitas dan pertumbuhan ekonomi menjadi prioritas utama. Namun demikian kebijakan yang diciptakan justru dilematis karena telah mengorbankan masalah lingkungan. Ekploitasi sumber daya alam di Indonesia telah dilakukan secara massif, terstruktur dan sistemastis sehingga berimplikasi pada kerusakan lingkungan. Walaupun hingga saat ini telah muncul upaya jalan tengah seperti konsep Sustainable Development Goals (SDGs), tetapi orientasi ekonomi tetap dominan terutama dalam kemudahan izin investasi SDA didaerah. Diplomasi lingkungan yang dituangkan dalam pendidikan lingkungan sangat diperlukan dalam upaya peletakan nilai-nilai baru pengelolaan sumber daya alam. Tulisan ini akan menguraikan problematika pengelolaan SDA dan analisis aktor, dampak terhadap lingkungan, hingga gagasan untuk  mengimplementasi pendidikan lingkungan terintegrasi pada tiga subjek yakni Mendorong Aktivisme Masyarakat Pro Lingkungan, Pengembangan Kurikulum pendidikan lingkungan  di sekolah partai politik, dan Pendekatan politik pro lingkungan dalam proses kebijakan.

Kata Kunci: 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-31

How to Cite

Juantara, B., & Bulan, I. (2020). PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN JALAN TENGAH KEBIJAKAN SUMBER DAYA ALAM DI INDONESIA. SOSIOLOGI: Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Sosial Dan Budaya, 22(1), 79–90. https://doi.org/10.23960/sosiologi.v22i1.49